F.A.Q
  • Umum 01
  • Umum 02
  • user 01
  • User 02
  • Installer/Dealer

1. Apakah Ninmedia itu?

PT Ninmedia Indonesia (Ninmedia) adalah perusahaan penyedia jasa infrastruktur Channel Hosting dan pengembangan isi (content) yang berorientasi dalam pengembangan ekosistem penyiaran channel Free to Air (“FTA”) via Satelit.

2. Apakah yang dimaksud dengan Channel Hosting?

Channel Hosting adalah salah satu layanan yang ditawarkan Ninmedia Indonesia kepada berbagai entitas bisnis maupun non-bisnis (Yayasan, Organisasi, dan Komunitas) yang telah menjalankan bisnisnya dalam bidang penyiaran TV maupun bukan dalam bidang penyiaran TV yang ingin memiliki channel TV sendiri secara 24 jam non-stop.

3. Darimanakah sumber pendapatan Ninmedia?

Sumber pendapatan Ninmedia adalah dari pendapatan penyediaan layanan Channel Hosting kepada para Client – entitas bisnis (Perusahaan) maupun non-bisnis (Yayasan, Organisasi, dan Komunitas) yang membayarkan sejumlah uang atas layanan yang telah Ninmedia berikan.

4. Apakah yang dimaksud dengan channel FTA?

Channel FTA adalah channel yang disiarkan tanpa enkripsi dan dapat disaksikan secara bebas menggunakan FTA Set-Top-Box, sehingga siapa saja dapat menyaksikan channel tersebut.

5. Apakah yang dimaksud dengan channel FTV?

Channel FTV adalah channel yang disiarkan dengan enkripsi dan dapat disaksikan dengan menggunakan perangkat penyiaran tertentu secara tidak berbayar.

6. Apakah channel Ninmedia akan selamanya tidak berbayar?

Beberapa channel yang ada pada ekosistem penyiaran Ninmedia adalah channel FTA yang tidak berbayar.

7. Apakah channel FTA yang disiarkan oleh Ninmedia akan bertambah?

Iya betul. Channel FTA yang ada pada ekosistem penyiaran Ninmedia akan terus bertambah.

8. Apakah yang dimaksud dengan Hak Siar penyiaran?

Hak Siar penyiaran adalah hak seseorang atau instansi/entitas untuk menyiarkan konten atau program tertentu.

9. Bagaimanakah hubungan antara Hak Siar penyiaran dengan siaran channel FTA Ninmedia?

Hubungannya adalah tidak semua Hak Siar penyiaran pada TV Terrestrial juga dimiliki Hak Siarnya untuk penyiaran melalui Satelit. Sehingga contohnya, pada saat salah satu stasiun TV menyiarkan pertandingan sepakbola tertentu, terjadi pengacakan siaran jika menyaksikan tayangan via Satelit yang diacak oleh stasiun TV tersebut.

Hal tersebut juga terjadi di ekosistem penyiaran Ninmedia, karena Ninmedia menerima dan menyiarkan kembali tayangan tersebut melalui Satelit.

1. Bagaimana cara menyaksikan channel-channel yang ada pada ekosistem penyiaran Ninmedia?

Cara menyaksikan channel-channel yang ada pada ekosistem penyiaran Ninmedia adalah dengan memiliki perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band yang terdiri dari:

(1) Dish Parabola min. 65 cm;

(2) LNB Ku-Band pada ujung Dish Parabola beserta kabel;

(3) FTA Set-Top-Box yang sudah mendukung:

a. Video Format : H.264 / MPEG-4, dan

b. Audio Format : MPEG-4 AAC.

(4) Instalasi perangkat tersebut dengan mengarahkan Dish Parabola pada Satelit Chinasat 11 dengan Lock Angle 98E.

2. Dimanakah saya dapat mendapatkan perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band?

Anda cukup menghubungi toko parabola terdekat yang ada di kota Anda. Untuk informasi mitra rekanan Ninmedia yang merupakan installer/dealer/distributor bisa dilihat pada www.ninmedia.tv/dealer-partners.html

3. Apakah Ninmedia mengeluarkan perangkat penerima siaran dengan nama Ninmedia sendiri?

Tidak. Ninmedia tidak berbisnis dalam menyediakan perangkat siaran. Ninmedia membebaskan para installer/dealer/distributor toko parabola untuk berkreasi sendiri untuk desain dan/atau merk perangkat yang dijual untuk menerima siaran Ninmedia.

4. Berapakah harga perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band?

Harga perangkat penerima siaran menyesuaikan dengan harga dan kualitas perangkat yang dikeluarkan oleh para installer/dealer/distributor toko parabola serta tergantung dengan area penjualan dan masing-masing installer/dealer/distributor toko parabola dalam menentukan harga jualnya.

Kisaran harga perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band lengkap adalah sekitar Rp 500.000,- keatas sudah termasuk biaya instalasi.

5. Siapa saja yang dapat menyaksikan channel-channel yang ada pada ekosistem penyiaran Ninmedia?

Siapa saja yang memiliki perangkat penerima siaran. Saluran FTA yang ada pada ekosistem penyiaran Ninmedia dapat disaksikan secara GRATIS, tanpa biaya bulanan atau sejenisnya.

6. Apakah pengguna benar-benar tidak dikenakan biaya/gratis untuk channel FTA?

Iya Benar, GRATIS.

7. Bagaimana kualitas gambar yang diterima oleh pengguna?

Kualitas gambar tayangan Ninmedia adalah Standard Definition (SD).

8. Apakah siaran Ninmedia tahan terhadap hujan?

Iya betul. Siaran Ninmedia cukup terbukti tahan terhadap hujan, karena kualitas signal yang cukup besar dan coding modulasi parameter penyiaran yang disiapkan secara khusus serta tergantung dengan kekuatan signal yang didapat oleh masing-masing pengguna.

1. Bagaimana cara menjadi installer/dealer/distributor perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band untuk menangkap tayangan di ekosistem penyiaran Ninmedia?

Tidak ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi installer/dealer/distributor perangkat penerima siaran Ninmedia. Para installer/dealer/distributor cukup menyiapkan perangkat yang mampu menerima siaran Ninmedia.

Untuk mendapatkan bantuan informasi kepada para calon pengguna, installer/dealer/distributor dapat mengirimkan email ke sales@ninmedia.tv untuk Ninmedia dapat menampilkan informasi installer/dealer/distributor secara lengkap.

2. Apa keuntungan menjadi mitra rekanan installer/dealer/distributor perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band untuk menangkap tayangan di ekosistem penyiaran Ninmedia?

(1) Keutungan yang berlipat karena instalasi perangkat penerima siaran frekuensi Ku-Band cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

(2) Modal yang dibutuhkan tidak sebanyak modal untuk menjual perangkat penerima siaran frekuensi C-Band.

(3) Sudah terdapat 42 channel FTA termasuk seluruh TV Nasional.